Begini Caranya Menghemat Biaya Aqiqah Si Kecil

Aqiqah adalah merupakan sebuah bentuk ibadah yang dijalankan oleh umat Islam. Aqiqah merupakan bentuk rasa syukur orang tua atas kelahiran anaknya. Aqiqah menurut syariatnya dilaksanakan pada hari ke-7, ke-14, atau ke-21 setelah kelahiran sang bayi. Oleh karena itu, sebagai orang tua tentunya Anda perlu mempersiapkan untuk biaya melahirkan dan aqiqah. Lalu bagaimanakah cara menghemat biaya aqiqah? Aqiqah Bandung adalah salah satu penyedia jasa penyelenggaraan aqiqah.

Rencanakan Dengan Sebaik-Baiknya

Sebaiknya Anda telah merencanakan aqiqah tersebut pada saat masih mengandung. Tentukan konsep acara yang akan diadakan. Apakah secara sederhana saja atau menggunakan prosesi yang lengkap. Dengan menentukan konsep tersebut terlebih dahulu, maka Anda dan suami akan dapat menentukan budget yang tepat. Jika merencanakan secara sederhana saja, maka susunlah acara dengan prosesi yang penting saja.

Menyusun Anggaran

Setelah konsep telah ditentukan, maka buatlah anggaran perkiraan yang akan Anda butuhkan. Catatlah keseluruhan biaya yang dibutuhkan termasuk kebutuhan mendadak. Kebutuhan biaya tak terduga tersebut akan membuat Anda terhindar dari pembengkakan biaya. Biaya catering yang biasanya memakan anggaran paling banyak. Hal ini dikarenakan harga kebutuhan pokok yang cenderung naik turun. Aqiqah Bandung adalah salah satu penyedia jasa penyelenggaraan aqiqah.

Memilih Waktu Yang Terbaik

Sesuai syariatnya, aqiqah memang sebaiknya dilaksanakan di hari ke-7, ke-14, ataupun ke-21. Dengan penentuan hari sesuai dengan syariat tersebut, maka Anda dapat memilih waktu yang tepat dimana seluruh keluarga dapat berkumpul. Selain itu juga untuk mempertimbangkan dana yang Anda butuhkan. Jika dalam waktu 7 hari setelah kelahiran sang buah hati Anda belum memiliki dana yang cukup, maka bisa memilih hari yang lain.

Paket Dan Undangan Yang Sesuai

Ada banyak sekali jasa masak untuk aqiqah, salah satunya adalah aqiqah Bandung. Jasa tersebut biasanya menawarkan beberapa paket masakan, seperti paket menyembelih saja, menyembelih dan mengolahnya, atau menyembelih, mengolah, dan sekaligus memasak menu yang lainnya. Pilihlah yang sesuai dengan dana yang Anda miliki. Selain itu, jika Anda memiliki budget yang tidak terlalu besar, maka batasi undangan. Cukup mengundang kerabat dekat saja.