Beberapa Olahraga Yang Cocok Bagi Penderita Diabetes

Diabetes bukanlah sebuah alasan bagi seseorang untuk tidak berolahraga. Justru dengan berolahraga, beberapa manfaat kesehatan bisa didapatkan, terlebih bagi para penderita diabetes. Para penderita diabetes juga tidak perlu takut untuk melakukan aktifitas olahraga.

Olahraga Sehat Bagi Penderita Diabetes

Ada beberapa olahraga yang sangat bagus bagi para penderita diabetes yang direkomendasikan karena manfaat yang diberikannya. Langsung saja berikut ini beberapa olahraga bagi para penderita diabetes.

  1. Olahraga Renang

Renang merupakan olahraga yang cocok bagi penderita diabetes tipe 1 maupun 2. Olahraga renang merupakan olahraga yang membuat kita bergerak dalam waktu lama dan sangat penting bagi kebugaran kardiovaskular sehingga darah dan oksigen dapat dipompa dengan efektif.

Renang juga dapat membakar sekitar 350-420 kalori per jamnya. Selain itu, endorfin juga akan diproduksi dengan lebih baik sehingga kita akan lebih senang. Dengan berenang maka kolesterol dan tekanan darah akan turun dan bisa mengendalikan penyakit diabetes.

  1. Hiking

Berat badan merupakan faktor penting bagi penderita diabetes. Dengan hiking, berat badan bisa turun dan kesehatan juga meningkat. Dengan berjalan, norepinephrin plasma akan turun dan dapat mengendalikan hipertensi.

  1. Yoga

Yoga dengan teratur bisa meningkatkan pencernaan, kekebalan dan sirkulasi tubuh, fungsi endokrin dan neurologis organ dapat meningkat, membantu dan mencegah penyakit kronis, dan membuat tubuh lebih sehat dan berenergi.

  1. Melatih Kekuatan

Melatih kekuatan merupakan salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh menjadi lebih bugar. Olahraga ini tidak harus dilakukan di gym saja. Kita bisa melakukan berbagai kegiatan seperti band resistensi, bibit genggaman, atau memanfaatkan berat badan untuk melatih otot. Melatih kekuatan juga berarti membantu kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari dan baik untuk tulang.

Bagi para penderita diabetes, kegiatan diatas merupakan berbagai olahraga yang cocok. Dengan rajin melakukannya, tubuh akan terasa lebih bugar dan sehat sehingga diabetes bisa dikendalikan. Pola hidup sehat dengan berolahraga merupakan jalan utama agar kita bisa mencegah dan mengendalikan penyakit yang ada di dalam tubuh.