Bagaimana Caranya Menjaga Kesehatan Mata?

Mata adalah jendela dunia. Pasti Anda sering mendengar kalimat itu bukan? Coba saja bayangkan jika kita tidak memiliki mata, pastilah kita tidak bisa melihat apapun dengan sempurna.

Tujuh Cara Mudah Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Untuk menjaga mata tetap sehat, Anda harus tahu bagaimana cara menjaga kesehatan mata yang baik dan benar. Ada tujuh cara mudah yang bisa Anda lakukan:

  • Mengonsumsi makanan yang bergizi

Anda bisa mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin E dan C, asam lemak omega-3, lutein, dan zinc untuk menjaga kesehatan mata. Pilihan makanan yang mengandung nutrisi tersebut adalah jeruk, Blackberry, Blueberry, kacang-kacangan, telur, tuna, salmon, dan sayuran yang berwarna hijau. Dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut, Anda turut andil dalam menjaga kesehatan mata dari dalam.

  • Jangan terlalu lama menatap komputer

Seperti yang kita ketahui, layar komputer memancarkan paparan radiasi yang tidak baik untuk mata dan tubuh. Untuk itu, hindari menatap layar komputer terlalu lama. Caranya, Anda harus menatap pandangan mata ke arah lain setiap 20 menit sekali untuk mengurangi ketegangan otot mata.

  • Memakai kacamata hitam

Ketika sedang berada di luar ruangan, menggunakan kacamata hitam merupakan pilihan yang tepat. Kacamata hitam dapat melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet yang berbahaya untuk mata.

  • Tidak merokok

Merokok memang tidak baik untuk kesehatan tubuh, juga tidak baik untuk kesehatan mata. Merokok dapat meningkatkan risiko penyakit degenerasi macula, katarak, dan kerusakan pada organ dalam mata lainnya.

  • Tidak menggunakan makeup lama

Bagi wanita yang suka menggunakan makeup, hindari pemakaian makeup lama untuk menghindari infeksi pada mata. Ingat, jangan pernah berbagai makeup maupun alat makeup ke orang lain. Tak hanya itu saja, rajinlah membersihkan makeup di malam hari.

  • Rajin olahraga

Apa hubungannya olahraga dengan kesehatan mata? Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa olahraga dapat meminimalisir risiko kehilangan penglihatan yang diakibatkan dari penyempitan pembuluh darah, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan untuk menjaga mata tetap sehat. Bagaimanapun juga, mata merupakan salah satu anggota tubuh yang penting karena mata adalah cara kita melihat dunia secara nyata.