Ayam Arab Menjadi Idola

Ayam arab telah menjadi idola banyak orang saat ini. Meskipun, kebanyakan orang tidak mengetahui silsilah dari ayam tersebut. Ayam arab adalah jenis ayam keturunan dari Belgia. Lalu mengapa ayam keturunan Belgia ini bisa disebut dengan ayam arab? Karena ayam arab ini memiliki daya jual yang tinggi di Indonesia. Dari segi telur maupun dagingnya. Sehingga, orang-orang yang menunaikan ibadah haji maupun umroh banyak yang membawa telur ayam ini ke Indonesia. Maka, di Indonesia ayam tersebut dijuluki dengan sebutan ayam arab. Tidak berarti jika namanya ayam arab, ayam tersebut memiliki keturunan dari Arab. Produksi telur yang dihasilkan oleh ayam arab ini cukup tinggi, karena daya seksual pejantan ayam arab ini pun juga tinggi.

 

Ingin merasakan ayam arab

 

Ayam arab sangat mudah dikenali dilihat dari bulunya. Satu ekor betina ayam arab dapat menghasilkan 255 hingga 260 butir telur setiap tahunnya. Berat setiap telur pun juga cukup besar hingga mencapai 50 gram. Hal ini menjadi salah satu alasan telur ayam arab banyak dikonsumsi di Indonesia. Dan daya tarik masyarakat pun juga tinggi. Tidak hanya pada telurnya, masyarakat juga banyak mengkonsumsi daging dari ayam arab ini.  Daging ayam arab tergolong unggul.  Harga dari ayam arab ini pun juga cenderung tinggi dibandingkan dengan ayam buras.  Ayam arab bisa dijadikan perbaikan keturunan bagi ayam buras dija dilakukan perkawinan.  Ayam arab merupakan tipe ayam yang memiliki postur tubuh kecil, daging yang dihasilkan juga lebih tipis.  Namun, ayam arab tidak memiliki sifat mengeram. Sehingga, saat ayam arab bertelur, telurnya harus ditetaskan dengan alat penetas.

 

Harga ayam arab pun juga beragam satu ekornya. Harga.top misalnya menawarkan untuk ayam arab yang sudah dewasa atau matang sekitar 150-200 ribu rupiah. Namun, untuk bibit ayam arab terjual lebih murah. Harga bibit ayam arab sekitar 5-10 ribu rupiah. Ayam arab banyak dicari untuk berternak karena hasil telur yang banyak dalam setahun dibandingkan dengan ayam yang lainnya. Harga jual telur ayam arab ini pun sekitar 2000 hingga 3000 rupiah setiap butirnya.