Awasi Pergaulan Anak Dengan Melacak Jejak Digitalnya

Di era yang serba digital seperti sekarang ini pergaulan anak menjadi tidak bisa selalu diawasi oleh orang tua. Seorang anak lebih intens berinteraksi dengan ponselnya dibanding dengan orang tuanya. Oleh karena itu sebagai orang tua juga tidak boleh gagap teknologi, orang tua juga harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi dalam rangka mendidik dan mengawasi anaknya. Fitur-fitur seperti melacak no hp, melacak history browser, atau sekedar melihat back up media sosial di emailnya.

Melacak History Browser

Aktivitas Browsing seorang anak secara tidak langsung bisa digunakan untuk melihat minat anak tersebut. Perusahaan seperti Google, Facebook dan media sosial lainnya menggunakan jejak pencarian dan situs favorit untuk menyimpulkan minat seseorang. Sebagai orang tua cukup melakukan pengecekan history browser seminggu atau sebulan sekali, sebagai bentuk upaya menjaga pergaulan anak sekaligus melihat minat anak.

Melacak No HP

Selain digunakan untuk melacak jejak digital, teknologi modern juga digunakan untuk kegiatan melacak posisi anak. Dengan memanfaatkan fitur pelacak, baik yang sudah tertanam di ponsel atau menggunakan situs pelacak nomer hp, maka sedang berada di mana anak kita bisa dilacak. Dengan melacak keberadaan anak kita sehari-harinya maka bisa disimpulkan apakah pergaulan anak kita masih bisa dikatakan baik atau buruk. Atau bisa juga memakai aplikasi melacak no hp.

Media Sosial

Media sosial sudah menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia modern ini. Tidak pandang usia atau gender, semuanya pasti memiliki media sosial. Dari media sosial ini orang tua bisa melihat dengan siapa anak kita berteman, seperti apa gaya bahasa yang digunakan anak kita untuk berkomunikasi. Karena terkadang teman di media sosial justru memberikan pengaruh yang lebih besar dibanding teman yang sering ditemuinya. Ditambah lagi dengan fitur-fitur seperti saling membagikan video atau konten visual lainnya, menjadi sangat wajar jika anak kita lebih mudah terpengaruh oleh temannya di media sosial.

Kita sebagai orang tua di era yang modern seperti sekarang ini sudah selayaknya untuk tetap bisa mengikuti perkembangan teknologi. Meskipun dibutuhkan waktu lebih untuk beradaptasi tetap harus diusahakan. Minimal dengan adanya fasilitas melacak jejak digital, melacak no hp dan aktivitas di media sosial kita masih bisa menjadi orang tua yang peduli dengan anak di era modern ini.