Awas, Jangan Salah Menyebut Istilah Ini Ketika Belanja

Model kerudung terbaru selalu menjadi incaran terutama wanita-wanita muslimah. Para hijabers mulai dari ibu-ibu sampai remaja putri muslimah akan berlomba-lomba mencari trend-trend model hijab terbaru sebagai pelengkap baju muslimah mereka. Namun harus dipahami sebelumnya, bahwa istilah hijab, jilbab, dan kerudung memiliki makna yang berbeda-beda. Mungkin sebagian besar kaum muslim mengetahui perbedaannya, tapi masih banyak pula masyarakat yang awam akan penyebutan istilah tersebut dalam kalimatnya.

Perbedaan Istilah Hijab, Jilbab, Dan Kerudung

Banyak yang telah salah arti ketika menyebut hijab, jilbab, dan kerudung. Bahkan ketika berbelanja pun saat menanyakan model kerudung terbaru kepada pelayan toko, sang pelayan akan menunjukkan barang yang berbeda dengan bentuk kerudung. Untuk itulah agar lebih memahami apa itu hijab, jilbab, dan kerudung, yuk kita simak penjelasan berikut.

  • Hijab.

Sebenarnya hijab berasal dari kata hajaban yang berarti penutup. Kata penutup itu sendiri bermakna universal yang secara umum adalah sesuatu yang menghalangi atau menutupi diri seseorang. Penggunaan kata hijab pula disebutkan bentuknya secara umum menunjuk pada benda-benda seperti kain, kelambu, tirai, atau benda-benda yang dapat menutupi sesuatu (Al-Qur’an QS. Al-Ahzab:53). Namun dalam beberapa pengertian, istilah hijab terkadang merujuk kepada kain kerudung yang dipakai wanita muslim untuk menutup aurat.

  • Jilbab.

Hampir seluruh lapisan masyarakat mengatakan bahwa jilbab itu adalah hijab. Bisa dikatakan itu adalah benar, karena jilbab sudah berarti hijab, namun hijab belum tentu jilbab. Mengapa demikian? Karena jilbab sebenarnya adalah pakaian longgar yang menutupi seluruh tubuh hingga menutupi telapak kaki, dan tidak membentuk lekuk tubuh pemakainya. Hal ini telah dijelaskan dalam Al-Qur’an QS. Al-Ahzab:59.

  • Kerudung.

Apa itu kerudung? Pengertian kerudung yang sebenarnya adalah kain penutup kepala dan leher. Dalam Islam pemakaian kerudung sangat tidak dianjurkan karena menutup hanya sebatas kepala dan leher saja. Jadi, ketika sedang berbelanja dan hendak memilih model kerudung terbaru, sebaiknya pilihlah kain yang panjang yang dapat menutup sampai dada.