Apa Saja Contoh Obat Antibiotik?

Apa saja contoh obat antibiotik? Sebelum Anda tahu nama dari antibiotik, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu tentang pengertian antibiotik. Antibiotik adalah obat yang digunakan untuk menyembuhkan infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan parasit. Jika antibiotik digunakan untuk mengobati infeksi virus justru bisa membahayakan tubuh Anda. Karena pada saat ada dosis antibiotik yang diambil, maka virus tidak akan terpengaruh. Sebaliknya, justru bakteri akan semakin kebal terhadap antibiotik. Bakteri yang sudah kebal terhadap antibiotik tidak akan bisa dibunuh dengan antibiotik dengan dosis yang sama.

 2 Contoh Obat Antibiotik

Penisilin merupakan contoh obat antibiotik. Penisilin adalah antibiotik yang ditemukan pertama kali. Sang penemu, Alexander Fleming, tidak sengaja menemukan antibiotik ini dari kultur jamur. Sampai sekarang sudah ada lebih dari 100 jenis antibiotik yang digunakan oleh dunia medis untuk menyembuhkan infeksi bakteri dan parasit dari yang ringan hingga yang parah. Ada antibiotik yang diproduksi secara alami dan ada juga yang sintesis. Berikut ini adalah 2 dari beberapa nama obat antibiotik.

  1. Sulfonamida

Sulfonamida merupakan obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi ginjal. Gantrisin merupakan salah satu antibiotik sulfonamida yang paling sering digunakan. Namun efek samping dari obat antibiotik yang satu ini justru malah bisa berbahaya pada ginjal. Karena itulah jika Anda mengonsumsi sulfonamida wajib mengonsumsi banyak air putih agar terhindar dari pembentukan kristal obat.

  1. Fluoroquinolones

Fluoroquinolones merupakan satu-satunya antibiotik yang bisa menghentikan sintesis DNA pada bakteri dan parasit. Antibiotik yang satu ini bisa diberikan secara oral karena langsung bisa diserap dengan baik oleh tubuh kita. Fluoroquinolones merupakan obat antibiotik yang cukup aman dan juga sering digunakan untuk mengobati infeksi saluran pernapasan dan infeksi saluran kemih. Efek samping dari antibiotik yang satu ini adalah menghambat pertumbuhan tulang sehingga tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak dan wanita hamil. Efek samping lainnya adalah mual, diare, dan muntah.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang contoh obat antibiotik maka bisa dicek selengkapnya hanya di obatantibiotik.com.