Apa Perbedaan Jerawat Batu Dengan Jerawat Biasa?

Jerawat batu adalah salah satu jenis jerawat yang paling menyebalkan. Sebab, tidak hanya menimbulkan peradangan yang membuat rasa sakit. Tetapi juga dapat menimbulkan bekas bopeng pada wajah. Bekas bopeng ini biasanya muncul jika Anda memaksa untuk memencetnya. Jerawat ini juga harus di obati dengan menggunakan obat jerawat batu agar tidak semakin meradang.

Apa Itu Jerawat Batu

Jerawat batu adalah salah satu jenis jerawat yang dapat membuat wajah menjadi kemerahan akibat benjolan yang disertai dengan nanah. Jerawat ini memang sangat mengganggu, sebab dapat menimbulkan rasa sakit, gatal, dan ngilu. Jerawat ini juga dapat timbul tidak hanya di area wajah tetapi di area dada, pinggul, dan juga paha.

Apakah Boleh Memencet Menggunakan Tangan?

Jerawat batu pasti akan semakin sakit jika dipencet. Apalagi jika Anda terlalu keras memberikan tekanan. Namun berdasarkan saran para ahli, jerawat batu tidak boleh dipencet paksa. Bagaimana jika jerawat tersebut tidak dapat keluar, malah hanya menimbulkan luka yang dapat menjadi penyebab masalah baru yaitu infeksi. Kulit wajah juga akan menjadi luka kemerahan yang kemudian menjadi kehitaman.

Jika Anda mengalami jerawat batu alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit, untuk tindakan selanjutnya. Anda juga dapat mengompres jerawat tersebut dengan es batu untuk meredakan rasa ngilu dan nyeri. Selain itu Anda juga dapat menggunakan obat jerawat batu agar tidak semakin meradang.

Berapa Lama Jerawat Batu Tumbuh Di Wajah?

Jerawat batu adalah jenis jerawat yang paling lama bertahan di wajah. Umumnya bisa berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Selain itu bekas jerawat batu dapat menimbulkan sel pigmen baru, sehingga  bekas jerawat Anda akan mengalami warna yang lebih gelap. Disarankan untuk menghindari sinar ultraviolet yang dapat mengakibatkan bekas jerawat Anda sulit hilang.

Bagaimanakah Cara Mengatasinya?

Untuk perawatan sehari-hari Anda harus mengutamakan kebersihan tangan dan wajah. Sebab, jika tangan Anda kotor lalu menyentuh bagian wajah. Maka jerawat akan dengan mudah tumbuh. Selain itu beberapa peralatan seperti handuk wajah, sarung bantal, dan spons bedak juga harus dijaga kebersihannya. Selain itu Anda juga dapat menggunakan obat jerawat batu agar tidak semakin meradang.