Anda Tak Ingin Pikun? Cegah Sekarang Juga

Artikel kali ini akan membahas mengenai tips mencegah terjadinya kepikunan pada orang dewasa maupun usia lanjut. Pikun merupakan suatu keadaan di mana seseorang lupa atau tidak bisa mengingat sesuatu hal. Saat ini pikun tidak hanya terjadi pada lanjut usia saja tetapi pada orang dewasa atau bahkan anak-anak. Lanjut usia memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kepikunan karena sel-sel syaraf di otaknya sudah mengalami pengurangan seiring bertambahnya usia.

Menjaga Kesehatan Otak Untuk Mencegah Terjadinya Kepikunan

Pikun berkaitan dengan salah satu bagian otak yang mengatur memori sehingga seseorang dapat mengingat kejadian. Biasanya memori ini dibagi menjadi dua yaitu memori jangka panjang dan memori jangka pendek. Memori jangka panjang akan terbentuk apabila suatu kejadian selalu diulang-ulang dan diingat-ingat. Sedangkan memori jangka pendek adalah sebaliknya atau bahkan tidak ingin diingat sama sekali.

Otak merupakan sistem syaraf pusat yang ada pada tubuh manusia dan berfungsi untuk mengatur seluruh kegiatan yang dilakukan oleh tubuh. Otak terdiri dari banyak sekali sel-sel dan syaraf-syaraf yang saling berhubungan untuk menyampaikan impuls atau sinyal. Namun seiring dengan bertambahnya usia, jumlah sel dan syaraf di otak pun akan berkurang dan menyusut. Padahal untuk menyampaikan impuls dari masing-masing syaraf perlu melewati suatu rintangan ibaratkan jurang yang menghubungkan dua daratan.

Kepikunan bisa menyebabkan diri lelah dan juga melelahkan orang lain, terkadang orang yang mengalami kepikunan tidak bisa menjalani kehidupannya secara normal. Namun ada pula orang lanjut usia yang masih memiliki ingatan bagus. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu pencegahan sejak dini agar terhindar dari kepikunan. Bagaimanakah cara mencegah terjadinya kepikunan? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya!

  • Mengisi Teka-Teki Silang

Teka-teki silang biasanya ada di bagian surat kabar maupun majalah. Ternyata hal simpel dengan mengisi teka-teki silang dapat membuat otak menjadi lebih segar dan mencegah dari terjadinya kepikunan.

  • Melakukan Senam Vitalisasi Otak

Senam merupakan suatu perpaduan antara olahraga dengan musik dengan ketukan yang telah diatur. Melakukan gerakan dari ujung kaki hingga ujung kepala secara menyeluruh dan rutin dapat membantu memelihara kesehatan otak.